Kamis, 15 Desember 2011

tempat makan wisata kuliner di surabaya yg patut dicoba (JILID 2)


TAHU TEK/GADO-GADO/ PECEL/RUJAK
 Tahu Tek-Tek Pak Ali, 
belakang toko buku manyar.
Pecel Ketabang, 
Jl. Ketabang Kali belakang Plaza Sby,
Warung Rujak & Gado – Gado Buk Mariyati, 
di Jalan Jolotundo. Ukuran porsi buesaarr, so kalo perutnya nggak gede – gede amat, or buat para ce, mending ngajak temen or dibungkus. Buka jam 11-an, en sekitar jam 3 udah abis. Kalo Sabtu en Minggu siang nggak usah kesana diatas jam 1, dijamin kehabisan kalo tetep nekat.
Pecel Bu Kus, 
di Jl.Bratang (dekat Hotel Narita), persisnya pas belokan.
Pecel Tapaksiring, 
di Lapangan tenis PJKA Jl. Tapaksiring, Warung ini agak menyalahi pakem, penjualnya orang madura. Biasanya orang madura kalau berjualan makanan seperti soto daging, sate ayam dan bubur madura. Tapi ini agak lain, perlu dicoba. Rasanya khas dan nggak kalah dengan masakan orang jawa, yang katanya pemilik masakan pecel.
Pecel Pandigiling, 
di Jl. Pandigiling, Kalo mau pecel yg LAEN DARIPADA YG LAEN, langsung aja ke Pandegiling. pas di depan losmen purnama. atau tanya aja sama orang2 disitu. pasti asyiiikkk dah. pedes acik. Ssshhhh nyam…nyam. .. kenyang poll. abis satu porsi aja normalnya buat berdua. saranku, beli bungkus saja. lebih banyak. dagingnya uenaaaakkk.. nyam..bumbunya sedep.. nyam.. lalapannya seger. nyam..nyammmm.
Gado-gado Arjuno, 
Yg ini pasti temen2 udah pada tau. abis udah terkenal sich. yg belum tau cari aja di jalan Arjuna yg agak deket sama pertigaan kedungdoro. ada depot kecil yg jualan gado-gado. bumbunya itu men, bikin air liur menetes. gado2 arjuna kan paling dikenal bumbunya yg sedap itu. cuma sayang… harganya cukup mahal. tapi mending bungkus deh, biar dapet lebih banyak.
Rujak Cingur Wonocolo, 
Jl. Wonocolo. P.Kulit,
Pecel Madiun, 
Jln. Dharmahusada, Pecelnya enak lho!!! bumbu ‘n rempeyeknya asli resep madiun punya. harganya juga pas buat kantong siapa aja. biasanya buka jam 6 sore sampai habis.
Pecel Mitra Pusura, 
Di Sego Pecel di bioskop Mitra dekat Balai Pemuda Pusura, Sego pecel sing uueeennak ket jamane Bioskop Mitra Balai Pemuda Pusura durung dibongkar gawe DPRD SBY.
Gado – Gado Dan Tahu Campur Cak Ronny, 
Jl. Bogowonto,depannya SMP Hang Tuah I, Bukanya senin-sabtu jam 10-15 wib, Gado-gadonya juga OK.
Pecel Lele, 
di Jl. Arief Rahman Hakim, sebelah ring Selatan pintu masuk kampus ITS Surabaya , Di tempat tersebut pecel lele-nya terasa pas dan enak kalau yg meladeni cak Rosyid (sebenarnya rasa sambal-nya yg enak), asal bukan yg lainnya. Selain pecel lele ada juga bebek goreng & ayam goreng.
Rujak Cingur Achmad Jais, 
di Jl. Achmad Jais, sebrang kali, ruko, Uenak Banget, Gus Dur, Megawati sering pesan rujak cingur dari tempat ini. Konon rujak ini sudah sampe ke belanda segala. Harganya sekitar 40rb/porsi. Harganya emang agak "edan", tapi kalo sekali-kali kan gak apa-apa. Tukang becak yang mangkal disekitar sana nyebut tempat ini "rujak cingur geblek", mungkin karena harganya…, but you must try…

NASI GORENG/MI GORENG
 Depot Aroma, 
Jl. Raya Tenggilis sebelahnya persewaan buku Luki / seberangnya Mustika Ratu.
Nasi Goreng Ondomohen, 
Jl.Ondomohen terusannya jalan Walikota Mustajab
Nasgor TP, 
Jl Basuki Rahmat surabaya , Nasi goreng pake tepung. Tunjungan Plasa lantai emperan jam 10.00 malem ke atas sampai pagi lagi,
Warung Pak Djo, 
Di sebelah kampus Ubaya Tenggilis,
Nasi Goreng Pattaya, 
Di Keputih (Arif Rahman Hakim) sebelah Sakinah, Warungnya jualan makanan ala Thailand. yg paling enak NasGor Pattaya. Nasgornya DIBUNGKUS ma telur dadar. penasaran kan? coba aja cicipin, pasti ketagihan.
Depot Anda, 
Di daerah Ketintang pojokan abisnya rel kereta api disebelah kanan jalan.
Nasi Ayam Cak Jo, 
Jl. Embong Belimbing… abis ketemu restoran ria trus belok kiri.. itu bagian pusat makanan.
Cak To "Mie", 
Jl.Kayoon dan jl.Kombes.M. Duryat
Warung Nasgor Dharmahusada 
di Belakang POM Bensin Perempatan (ex. Bunderan) Dharmahusada- Kertajaya,
Mie Remaja, 
di jl A Yani, daerah Injoko pertigaan jalan masuk mau ke gayung. nah di pojokan jalan itulah letaknya. yang dijual macem2 masakan cina muslim.
NASI UDUK
 Nasi Uduk Remaja, 
Jl. May. Sungkono buka cabang di Manyar (depan Bonnet).
Nasi Uduk A. Yani, 
Di depan jalan raya A. Yani berdekatan dengan persewaan vcd, tampatnya itu kalo siang buat bengkel mobil sebelum belokan Injoko.
Nasi Uduk Kebon Kacang, 
Di HR Muhammad, yang jualan Nasi Uduk, ayam goreng, empal goreng, babat n jerohan lain2, udang dll.

SATE/GULE
 Warung Sate P. Mat, 
Jl. Bronggalan Sebelah Selatan Indomaret,
Warung Bu Umi, 
Di Rungkut samping kantor kecamatan arah ke perumahan YKP,
Sate Gule Mat Bagong, 
Kalo pas ke mesjid Agung di daerah Menanggal,Gayungsar i dan sekitarnya.Ngga afdol kalo ngga mampir ke Warung sate dan Gule MAT BAGONG.Lokasinya persis di ruko Perumnas Menanggal (tepatnya di sebelah INDOMARET ).Bukanya dari jam 1700 -2200(bukan apa2..abis jam 22.00 dagangan udah abis,jack!)
Sate Ayam W.R. Supratman, 
di Jl. W.R.Supratman, Tempat ini sate ayamnya cukup terkenal, kalo kesana jangan malem-malem bakal kehabisan. Selain sate daging juga ada sate jeroan ayam, sate telur, dll….pokoknya sip dan yg pasti halal.
Sate Daging Wak Yam, 
Jl.Walikota Mustajab, Tempat ini menyediakan sate daging sapi, juga ada sate jeroan sapi, dan yang pasti sate daging sapi pake kelapa (orang surabaya bilang sate kelopo) rasanya siip banget…
Depot Ampel, 
Jl. Walikota Mustajab.Sedia semua makanan dari daging Kambing, mulai Sate Kambing, Sate Rudal (harus coba yang satu ini), Kambing Bakar (hmmmm), Kambing Oven, Gule, Roti Mariyam, Nasi Kebuli, semua khas timur tengah lah pokoknya. Dijamin kalo sudah sekali kesana pasti balik lagi.
Warung Sate, 
- 1.sate & gule kambing sebelah kimia farma dharmawangsa (depan rs.dr.sutomo) , bukanya siang & malem.
 
- 2. sate & gule kambing di sekitar kantor pos pucang, bukanya malem thok
- 3. sate, tengkleng & gule kambing karmen, di jl.karangmenjangan, buka pagi-malem
 
- 4. sate klopo daging sapi,di jalan undaan wetan, depan dealer suzuki undaan & counter ice cream cocofrio, bukanya cuma pagi-siang.
Sate Banjar, 
Sate ayam bumbunya warna merah.Untuk mencari sate yang satu ini memang beda, dalam hal rasa dan besarnya, harganya juga oke kok tempatnya ada di DELTA SARI INDAH RAYA, cari aja di depot SRI REJEKI
Gule Kikil Sepanjang, 
Di Gule kikil Sepanjang dekat Mesjid Jami’ Pasar Sepanjang, Gule kikil sing paling uueennak dimasak nggango kuali tanah liat, api ne se’ soko kayu. bukane sore.
Sate Buntel Karangmenjangan, 
Di Sate Buntel Karangmenjangan mburine Kamar mayat RS. DR. Sutomo, Kedung Tarukan Baru.
Sate Kelopo Pasar Genteng, 
Sate kelopo Pasar genteng, sing Dodolan Ebese’ Alm. Gombloh (penyanyi).. ..ning dicoba…uuueeeennn aakkk.
Roti Maryam Dan Kare, 
Jl. KH. Mas Mansyur Ampel Kampung Seng, Suka makanan arabian yang zen dan ajib, silahkan coba ke roti maryam & kare di KH. Mas Mansyur kampung seng, buka abis Isya.
Sate Pak Yek, 
Jl. Ngagel Rejo, Itu rumah, tapi kalo malam di sulap jadi rumah-warung. bukanya abis magrib, kalo malem dikit biasanya udah abis. disana menunya sih cuma nasi sate ama gule tapi kalo pingin lontong juga ada koq.
Sate Ayam GBT, 
Di Pojokan Ngagel Jaya – Ngagel Jaya Tengah, tempatnya di bengkel GBT. Buka sore – malam., yang jualan sate ayam, sate brutu, sate jeroan.
Dunia Sate, 
Di di dekat perumahan Bukit Mas. Tempatnya strategis banget. Di seberangnya Carrefour. Jadi kalo abis selesai belanja, laper, bisa langsung nyebrang deh.


SOP/SOTO
 Soto Cak Nan, 
Soto yang enak en murah. Kalo Soto Pak Sadi bikin kamu nguras dompet, di sini dijamin nggak bakal sampe ninggal KTP. Bersih, poyah en jeruk nipis en sambel en kecap asin en kecap manis disediain di meja. Silakan kuras ampe abis, kalo kurang tinggal minta. Soto biasa (kagak pake jeroan).
Soto Banjar Pal Satu, 
Jl. Kedungdoro sebelah kanan jalan. Kalo ke sana harus bawa uang receh abis banyak pengamen.
Warung Coto Makassar, 
Jl. Slamet, Cukup lezat en nikmat. Cuman sayangnya coto-nya kagak dikasih bumbu tambahan, kayak kecap asin, jeruk nipis, dan sejenisnya. Jadi, kita harus nambahin sendiri bahan – bahan itu yang disediain di meja.
Soto Cak Man, 
Jl. Simpang Dukuh, sebelah kanan jalan. Murah meriah, nggak bikin dompet jebol. Rasanya khas. Dulu Cak Man buka warungnya di Jl. Kenari, sekarang pindah ke Simpang Dukuh.
Soto Ayam Jl. Pahlawan, 
di Jalan Pahlawan sebelah bioskop Surabaya 21.
Depot Sari, 
Jl. Kembang Jepun ujung jembatan merah sebelah kanan jalan, Sop buntut-nya sangat spesial, sangat cocok untuk yang punya ataupun yang tidak punya gigi.
Soto Ayam Top, 
Di sebelahnya pas supermarket Tops Mulyosari (Sekarang Hero).
Soto Ayam Kertajaya, 
Di jalan sebelah Gang Reog Kertajaya, Ihh gile..ternyata ada tempat makan soto yang bener-bener murah n enak di surabaya . Cobain deh pasti pada ketagihan. Udah murah, enak n koya-nya bisa ambil semau kamu…. Pokoknya gue cuma bisa ngerekomendasiin soto ayam kertajaya buat kamu-kamu yang pengen tau arti soto sesungguhnya (hehehehe). Jadi jangan bilang elo doyan soto ayam kalo belom ngerasain soto ayam kertajaya.
Soto Ayam Embong Malang, 
Jl. Embong Malang, sebelah kanan jalan, seberang gedung Go skate.Rasanya sangat lain, tersedia lengkap dengan pernak-pernik soto ayam, asal mau datang lebih pagi. Siang sedikit sudah banyak yang habis. Harga terjangkau.
Soto Ayam Jalan Merak, 
Di Jalan Merak sebelah kiri jalan, depan gedung HVA/PTP., Penyajiannya unik, poyah/bumbu- nya ada 2 macam. Perlu dicoba, harga sangat-sangat terjangkau.
Sop Kaki Sapi Jemursari, 
Di Raya Jemursari, Raya Jemursari kaki lima , depan klinik Jemursari Empat. Sop kaki sapi ini khas betawi. Makannya ditaburi emping dan bawang merah goreng plus pake acar. Macam isinya ada daging, sumsum, babat. Enggak begitu eneg, juga gurih dan enak. Sayangnya nasi putihnya terlalu keras, buat saya nih. Enak disantap pas panas buanget! Coba!
Soto Mojopahit, 
Jl. Mojopahit sebrangnya McD Darmo (bukan sebelahnya loh), masuk dikit ada warung oranye bertuliskan "Soto Ayam Adi Mirasa Lamongan",
Soto Ayam Bratang Gede, 
Soto Ayam Bratang Gede pas prapatan kali bratang gede. Soto ayam murah meraih dan UUUeeeeennnak. …poya ne akeh…cocok nggawe arek kos-kosan.
Soto Ayam Pak Pi’i & Es Campur, 
Senin-Sabtu : depan sekolah Petra Jl.WR Supratman.
 
Minggu : depan Gereja Jl. Mojopahit, Sotonya enak, ayam kampung aseli. Es campurnya… nikmat sekaleee. Murah meriah tapi ditanggung puas.
Sop Kaki Kambing "Bang Oya", 
Tempatnya di Jl. Kedungdoro depan Bank Mega. Disitu gak hanya sop kaki kambing tapi ada juga sop kaki sapinya….. . jadi yg gak suka kambing bisa menikmati juga, gak kalah enaknya kok….
Soto Ayam Pak Sadi, 
Jl. Ambengan, Spesialis soto ayam… ngetop banget. Apalagi yg namanya koyah… lu bisa ambil sepuasnya..
Warung Soto Praban Pojok, 
Ada di ujung jalan Praban yang menuju ke Bubutan tepatnya dipojok perempatan Jl. Gemblongan, Jl. Genteng Kali, Jl. Tunjungan dan Jl. Praban. Jadi kalau yang ke Sby setelah belanja sepatu di Jl. Praban bisa mampir disitu. Buka dari pagi sampai malam.
Soto Ayam Joni, 
Jl. Sulawesi sebelum viaduct yg menuju ke Kertajaya.
Soto Penerangan, 
Di Dept Penerangan AR Hakim (Depan ITATS), Jangan datang siang, Buka cuma pagi sampai siang. Koya sepuasnya. Harga standart gak sampai 5000 udah sekalian minum. Rasanya….. . Tak terlupakan.
Soto Ayam Rungkut, 
Di Rungkut Industri 7 deket Kantor Pajak sebrang HM Sampoerna.
Sop Kaki Sapi Cak Munir, 
Di Raya Kupang Indah lurusannya Hotel Sommerset (dulu Hotel Mercure), Memang sih, cuman warung tenda, tapi rasanya enak n kita bisa milih isi sopnya, mau daging, jerohan, kikil, sumsum dll. Sate kambingnya juga enak, empuk. Bukanya habis maghrib sampe habis. Tapi biasanya jam 21.00 juga udah habis.
Soto Madura Wachid, 
Kalo mo nyari soto yg murah meriah tempatnya ada di jl.Tambah rejo sebelah barat Pasar Tambak rejo namanya Warung soto Wachid dijamin murah dan eunakkk.
Soto Ayam Pak Djayus Manyar, 
Lokasinya seberang terminal bratang, jalan kembar…
Soto Bangkong, 
Di sebelah Gramedia Manyar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar